Penulis / NIM
SAMIRA DJ. KIAMA / 151411477
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK
Samira Dj. Kiama, 2013. Judul penelitian"Meningkatkan Disiplin Belajar
Siswa Melalui Model pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pelajaran IPS Kelas IV
SD Inpres Manawa Kabupaten Pohuwato"dibawah Bimbingan Ibu Dra. Hj. Hakop Walangadi.,M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Muchtar R. Ahmad,S.Pd.,M.Si selaku pembimbing II.
Permasalahan dalam pembelajaran ini adalah Apakah Model Jigsaw dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Manawa
Kabupaten Pohuwato. Sedangkan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Kelas IV
Sekolah Dasar Inpres Manawa Kabupaten Pohuwato.
Hasil peneliian pada siklus I diperoleh peningkatan disiplin belajar siswa
dalam mengidentifikasi unsur-unsur materi dengan menggunakan model Jigsaw
menjadi (56%) pada aspek kerjasama, sementara pada aspek keberanian sebesar
52%, dan pada aspek tanggungjawab sebesar 56% dalam peningkatan disiplin
belajar siswa. Hasil tindakan siklus II ini jelas sekali menunjukkan adanya
perubahan perilaku disiplin belajar. Hal ini dapat dilihat dari a) kerjasama, b)
keberanian, dan c) tanggungjawab dalam diri siswa. Perubahan dan peningkatan
disiplin belajar siswa ini berimplikasi pada pencapaian indikator kinerja yang
diharapkan. Dan hasil evaluasi tes pada siklus II menunjukkan bahwa siswa
mengalami peningkatan ketuntasan dalam belajar dari yang seblumnya, dimana
terdapat 92% siswa atau 25 orang yang hasil tesnya baik karena mengedepankan
disiplin belajar dikelas, dan tinggal 2 orang siswa atau sekitar 8% saja yang sulit
dirubah aspek perilaku belajarnya, namun guru akan berupaya semaksimal
mungkin dengan cara melakukan pendekatan personality pada siswa dengan
memberi tahu orang tua siswa yang bersangkutan.
Berdasarkan temuan ini pula jelas bahwa hipotesis penelitian yang
berbunyi "Jika Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw diterapkan pada
Pembelajaran IPS, maka disiplin belajar siswa meningkat SD Inpres Manawa
Kecamatan Patilanggio Kelas IV Kabupaten Pohuwato".dapat diterima.
Kata Kunci; Disiplin Belajar dan Model Pembelajaran Jigsaw
Download berkas