Penulis / NIM
ZENAB AHMAD DAMA / 151411480
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Zenab Ahmad Dama. 2013. Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran PKn di Kelas V SDN 1 Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.I, M.H.I.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi keutuhan NKRI Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran PKn Di Kelas V SDN 1 Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato
Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran STAD aktivitas siswa pada pembelajaran lebih terfokus kemateri dan dengan penggunaan model pembelajaran STAD dapat meninkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN 1 Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Data hasil pengamatan pemahaman belajar siswa pada siklus I dan siklus II, dimana pemahaman siswa pada siklus I mencapai 12 orang atau 52.18%. dan untuk siklus II meningkat menjadi 20 orang dengan presentase 86.95 %. Hal ini merupakan salah satu bukti dari keberhasilan penggunaan model pembelajaran STAD terhadap peningkatan hasil belajar siswa tentang materi Keutuhan NKRI.
Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Kooperatif Tipe STAD
Download berkas