Penulis / NIM
IYAN HALID / 151411484
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Iyan Halid. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Dialog Sederhana melalui
Metode Latihan pada Siswa Kelas V SDN 1 Karya Baru Kecamatan Dengilo
Kabupaten Pohuwato. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti
Pahrun, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menulis dialog
sederhana melalui metode latihan pada siswa Kelas V SDN 1 Karya Baru Kecamatan
Dengilo dapat ditingkatkan. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk 2 siklus teknik pengumpulan data; Tahap
Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap
Analisis dan refleksi.
Berdasarkan hasil observasi awal hanya 8 orang siswa (36 %) yang mampu menulis
dialog dengan baik, sedangkan 14 (64 %) orang siswa lainnya dianggap belum
mampu menulis dialog dengan baik. Hasil pelaksanaan tindakan siklus I kemampuan
siswa menulis dialog pada berdasarkan aspek isi dengan objek terdapat 12 atau 54.5%
siswa yang mampu, aspek Penalaran terdapat 12 atau 54.5% siswa yang mampu,
aspek Ketepatan terdapat 12 atau 54.5% siswa, sedangkan aspek pemilihan kata
terdapat 12 atau 54.5% siswa yang mampu. Siklus 2 kemampuan siswa menulis
dialog pada berdasarkan aspek isi meningkat menjadi 19 atau 86.4% siswa yang
mampu. Aspek penalaran terdapat 18 atau 81.8% siswa yang mampu. sedangkan
aspek pemilihan kata 18 atau 81.8% siswa yang mampu. Dengan demikian secara
garis besar dapat dikatakan bahwa: melalui metode latihan yang dilakukan oleh guru
maka kemampuan siswa menulis dialog sederhana kelas V SDN 1 Karya Baru
Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato akan meningkat.
Kata Kunci : Menulis Dialog Sederhana, Metode Latihan
Download berkas