SKRIPSI

Penulis / NIM
HASNI PADUNGGALA / 151411485
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK Hasni Padunggala. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKN Materi Makna Sumpah Pemuda melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization di Kelas III SDN 1 Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Elmia Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag., MA. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Makna Sumpah Pemuda di kelas III SDN 1 Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Makna Sumpah Pemuda di kelas III SDN 1 Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Hasi penelitian adalah bahwa dari seluruh hasil ulangan belajar siswa pada siklus 1 menunjukan nilai kurang dari 70 atau tidak lulus adalah 10 orang atau 56%. Siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas atau lulus adalah 13 orang atau 44% hal ini didasarkan pada Kriteria ketuntasan minimal yaitu 70 sehingga dapat diketahui bahwa nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 63.72 pada kategori tidak lulus. Pada siklus 2 Siswa yang memperoleh nilai kurang dari 70 atau tidak lulus adalah 2 orang atau 9%. Siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas atau lulus adalah 21 orang atau 91% hal ini didasarkan pada Kriteria ketuntasan minimal yaitu 70 sehingga dapat diketahui bahwa nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 76.9 pada kategori lulus dapat dinyatakan hasil belajar meningkat. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan indikator 80% telah tercapai pada siklus 2. Oleh karena itu tim peneliti tidak melakukan penelitian tindakan kelas pada siklus berikutnya Kata Kunci : Hasil Belajar dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011