Penulis / NIM
DARYATNO LIPUTO / 151411488
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Daryatno Liputo. 2013. NIM. 151 411 488. Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengidentifikasi Unsur Cerita Rakyat Melalui Media Audio Visual Di Kelas V SDN 24 Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program S-I Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd and Pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd. M.Pd.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa mengidentifikasi unsur cerita rakyat melalui media audio visual di kelas V SDN 24 Limboto meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi unsur cerita rakyat melalui media audio visual di kelas 5 SDN 24 Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian menunujukkan bahwa penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi unsur cerita rakyat di kelas V SDN 24 Limboto Kabupaten Gorontalo, dari hasil data yakni Observasi Awal yang hanya 5 orang (27,77%) siswa yang mampu mengidentifikasi unsur cerita rakyat, meningkat pada siklus I siswa yang mampu mengidentifikasi unsur cerita rakyat 6 orang (33.33%) siswa, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 15 orang siswa (83.33%), sehingga sudah mencapai indicator kinerja yang ditetapkan yaitu 77% atau 14 orang siswa. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa mengidentifikasi unsur cerita rakyat dapat ditingkatkan dengan menggunakan media audio visual.
Kata Kunci : Unsur cerita rakyat dan Media Audio Visual
Download berkas