Penulis / NIM
LISDARWATY Y. AHMAD / 151411489
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Lisdarwaty Y. Ahmad. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Menghitung
Perpangkatan Dua Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Jigsaw Pada Siswa Kelas V MIS Bahrul Ulum Kecamatan Batudaa Pantai
Kabupaten Gorontalo”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty
Nalole, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam Penelitian ini adalah apakah kemampuan
menghitung perpangkatan dua bilangan bulat dapat ditingkatkan melalui model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas V MIS Bahrul Ulum
Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo ?.penelitian ini dilakukan
dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung perpangkatan dua
bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas V
MIS Bahrul Ulum Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan
kelas. Dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahap: persiapan,
pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari total jumlah siswa 12 orang
yang dikenai tindakan, yang mampu sebanyak 8 orang atau 66.67% dan yang
belum mampu sebanyak 4 orang atau 33.33%. Dihubungkan dengan indikator
keberhasilan penelitian yang ditetapkan minimal 75% siswa yang dikenai tindakan
memperoleh nilai 65 keatas berarti indikator keberhasilan yang ditetapkan belum
tercapai. Sehingga penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil
yang dicapai yaitu dari 12 siswa yang dikenai tindakan, yang mampu sebanyak 10
orang atau 83.33% dan yang belum mampu sebanyak 2 orang atau 16.67%. Hasil
yang dicapai pada siklus II melebihi indikator yang diharapkan, sehingga
penelitian ini tidak dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya. Dengan demikian
disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
kemampuan menghitung perpangkatan dua bilangan bulat pada siswa kelas V
MIS Bahrul Ulum Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo meningkat”.
Kata Kunci : Kemampuan, Perpangkatan dua, Bilangan Bulat, Jigsaw
Download berkas