Penulis / NIM
NOVA ASTUTY YUNUS / 151412001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Nova Astuty Yunus. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IV SDN 8 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "apakah melalui model pembelajaran kontekstual dalam menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN 8 Paguyaman Kabupaten Boalemo akan meningkat? tujuan penelitian ini untuk meningkatkan penerapan model pembelajaran kontekstual dalam menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN 8 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Aspek yang dinilai yaitu meliputi pilihan kata, struktur kalimat ejaan, dan tanda baca.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual dalam menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN 8 Paguyaman Kabupaten Boalemo termasuk dalam kriteria baik. Hal ini ditujukan oleh nilai hasil tes pada siklus I dimana siswa yang mampu ada 5 siswa atau sebesar 42% dan sisanya 7 siswa atau sebesar 58% tidak mampu. Pada siklus II siswa yang mampu 10 siswa atau sebesar 83% dan sisanya 2 siswa atau sebesar 17% tidak mampu. Kesimpulannya dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual dalam menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN 8 Paguyaman Kabupaten Boalemo dapat meningkat.
Kata Kunci : Model, Kontekstual, Menulis Narasi
Download berkas