Penulis / NIM
VIVI RIYANI DATAU / 151412003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Vivi Riyani Datau, 2016. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Melalui Gambar Seri Di Kelas III SDN 18 Dungingi Kota Gorontalo". Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd dan Wiwy Trianty Pulukadang, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing II.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan siswa menulis karangan melalui gambar seri di kelas III SDN 18 Dungingi Kota Gorontalo dapat ditingkatkan ? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan melalui gambar seri di kelas III SDN 18 Dungingi Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus di kelas III SDN 18 Dungingi Kota Gorontalo. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada siklus I kemampuan siswa menulis karangan melalui gambar seri meningkat sejumlah 9 orang siswa yang memperoleh kategori mampu atau sebesar 45% dan pada siklus II sejumlah 18 orang siswa dengan kategori mampu sebesar 90%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan melalui gambar seri dapat meningkat dan melebihi indikator capaian yang ditetapkan.
Kata Kunci: Menulis, Karangan, Media Gambar Seri.
Download berkas