Penulis / NIM
FATMAH I. HASAN / 151412004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Hasan, Fatmah I. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya terhadap Daratan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) di Kelas IV SDN 38 Hulontalangi Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd., Pembimbing II. Muhammad Sarlin S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan di kelas IV SDN 38 Hulontalangi? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT di Kelas IV SDN 38 Hulontalangi Kota Gorontalo. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan telah dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 20 orang . Pada Siklus I terdapat 10 orang yang tuntas (50%) dan tidak tuntas 10 orang (50%). Pada siklus II, terdapat 17 orang siswa yang tuntas (85%) dan tidak tuntas 3 orang siswa (15%). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 38 Hulontalangi.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model pembelajaran kooperatif , Model pembelajaran TGT.
Download berkas