Penulis / NIM
LASTRI POTABUGA / 151412005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Lastri Potabuga. 2016 "Penggunaan Media Berbasis Ligkungan Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas III SDN No.33 Kota Selatan". Skripsi, Program Studi SI-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Martianty, M.Pd Pembimbing II : Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah penggunaan media berbasis lingkungan dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas III SDN No.33 Kota Selatan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media berbasis lingkungan dalam meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas III SDN No.33 Kota Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu siswa yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika dengan menggunakan media berbasis lingkungan maka pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas III SDN No.33 Kota Selatan akan meningkat.
Hasil penelitian dan pembahasan dapat menunjukan dengan menggunakan media berbasis lingkungan dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas III. Pada pelaksanaan siklus I terjadi peningkatan pemahaman yaitu dari 36 siswa ada 19 atau 52,77% yang tuntas sedangkan yang tidak tuntas ada 17 siswa atau 47,22%. Hal ini belum memenuhi indikator kinerja yang telah ditentukan yaitu 75% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 ke atas, untuk itu dilanjutkan pada pelaksanaan siklus II dengan hasil pemahaman siswa meningkat menjadi 32 siswa atau 88,88% sedangkan yang tidak tuntas ada 4 siswa atau 11,11%. Hal ini menunjukan bahwa indikator yang telah ditentukan sudah tercapai yaitu 75% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 ke atas. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media berbasis lingkungan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas III SDN No.33 Kota Selatan meningkat.
Kata Kunci : Pemahaman, Konsep Pecahan, Media Berbasis Lingkungan
Download berkas