Penulis / NIM
NOVA NOVYANTI TAHIR / 151412007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Nova Novyanti Tahir. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas I SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah melalui media kartu kartu kata kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat ditingkatkan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu kata pada siswa kelas I SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Pada observasi awal kemampuan membaca permulaan sebanyak 8 siswa atau sebesar 40% dari 20 siswa. Pada siklus I pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 10 siswa atau sebesar 50%, pada pertemuan ke II mengalami peningkatan menjadi 14 siswa atau sebesar 70%. Pada siklus II jumlah ini mengalami peningkatan menjadi 18 siswa atau 90% dari 20 siswa yang ada di kelas I SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan melalui media kartu kata pada siswa kelas I SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo meningkat.
Kata kunci : Membaca permulaan, media kartu kata
Download berkas