Penulis / NIM
CLARA KONIYO / 151412010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Koniyo, Clara 2017. Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Laboratorium Pada Pembelajaran IPA di SDN 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Isnanto, S.Pd.,M.Ed.. dan pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si.,M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah kreativitas guru dalam memanfaatkan laboratorium pada pembelajaran IPA di SDN 1 Tilongkabila. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam memanfaatkan laboratorium pada pembelajaran IPA di SDN 1 Tilongkabila. Jadi penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru dan siswa di SDN 1 Tilongkabila. Sampel penelitian adalah siswa dan guru kelas III, IV, V, dan VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru IPA di SDN 1 Tilongkabila rata-rata memiliki kreativitas untuk memanfaatkan laboratorium pada kegiatan pembelajaran walaupun masih aa juga siswa yang menyatakan guru kurang memanfaatkan laboratorium namun ini hanya terjadi pada siswa kelas IV yang disebabkan karena rendahnya pemanfaatan laboratorium. Kesimpulan bahwa guru IPA memiliki kreativitas dalam memanfaatkan laboratorium sekolah di SDN 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango yang ditinjau dari indikator mempunyai jiwa penasaran, melakukan analisa, intuitif, memiliki disiplin diri yang tinggi, tidak mudah puas dengan hasil sementara, suka melakukan intropeksi, dan mempunyai kepribadian yang kuat dan termasuk pada kategori kreatif dengan rata-rata 78,8%
Kata kunci: Kreativitas, Guru, Laboratorium, Pembelajaran IPA
ABSTRACT
Koniyo, Clara 2017.Teachers' Creativity in operating laboratory within natural science (IPA) learning process at SDN 1 Tilongkabila, District of Bone Bolango. Skripsi. Department of Elementary School Teacher Education. State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dr. Isnanto, S.Pd., M.Ed and co-supervisor is Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd,
The research problem is addressed to how the teachers' creativity in operating laboratory within IPA learning process at SDN 1 Tilongkabila, District of Bone Bolango is. The research aims at describing teachers' creativity in operating laboratory within IPA learning process at SDN 1 Tilongkabila. The research is classified to descriptive research with quantitative approach. population involves teachers and students at SDN 1 tilongkabila. Sampling obtains teachers and students at III, IV, V, and VI classes. research findings reveal that IPA teachers have average creativity in operating laboratory though there are students who remark teachers are less optimal to operate laboratory particularly students at IV class. It can be concluded that IPA teachers have creativity in operating laboratory at SDN 1 Tilongkabila, District of Bone Bolango as it is reviewed from some indicators such as having curiosity, analizing, intuitive, having high self-discipline, temporary result leading to not easily satisfied, performing introspection, and having strong personality and categorized to creative for average percentage 78,8%
keywords: creativity, Theacher, Laboratory, Natural Science Learning Process
Download berkas