Penulis / NIM
WINDA INDRIYANI SAKA / 151412011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Winda Indriyani Saka 2016. Analisis Kemampuan Siswa Memahami Materi Pembelajaran PKn Di Kelas IV SDN 13 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembibing II, Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A.
Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kemampuan Siswa Memahami Materi Pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 13 Limboto Kabupaten Gorontalo. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Kemampuan Siswa Memahami Materi Pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 13 Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah adanya kemampuan siswa memahami materi dengan baik pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN 13 Limboto Kabupaten Gorontalo, secara keseluruhan siswa kelas IV SDN 13 Limboto sudah mampu memahami dengan baik materi PKn dengan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru serta evaluasi guru terhadap materi PKn dapat dikerjakan siswa memberikan hasil yang baik.
Dengan demikian Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami Materi pembelajaran PKn sudah baik. Hal ini dibuktikan dengan pada materi pelajaran PKn tentang globalisasi, pancasila dan hak asasi manusia yang diajarkan guru membuat siswa memahami materi dengan baik.
Kata Kunci : Analisis, Kemampuan, Pemahaman
Download berkas