Penulis / NIM
HABIBA HANTAI / 151412012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Habiba Hantai. 2018. ..." Pengaruh Metode Take and Give Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 35 Kota Selatan Kota Gontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Basri Amin, S.Sos., M.A dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh metode take and give terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN 35 Kota Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni dengan rancangan one group pretest"postest design yaitu desain penelitian yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa ada kelompok pembanding. Sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 14 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini metode tes objektif sebagai metode pokok, metode dokumentasi, serta metode wawancara sebagai metode pelengkap. Sedangkan analisis data menggunakan t-test. Hasil dari penelitian thitung sebesar 15,266 dan setelah dikonsultasikan dengan ttabel pada d.f 13 dengan taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 1,771. Berdasarkan hasil tersebut, maka apabila thitung > ttabel (5,759 > 2,064) ini membuktikan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, dengan kesimpulannya bahwa ..."Terdapat Pengaruh Penggunaan Metode Take and Give Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata pelajaran IPS Di Kelas V SDN 35 Kota Selatan Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Take and Give, dan Hasil belajar.
Download berkas