Penulis / NIM
ISKANDAR RADJULANI / 151412014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
Radjulani, Iskandar.2016.Pengaruh Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-sifat Bangun Ruang Di Kelas V SDN No 84 Kota Tengah Kota Gorontalo.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah "apakah terdapat pengaruh penggunaan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SDN No 84 Kota Tengah Kota Gorontalo?". Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SDN No 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest.
Hasil penelitian yang dilaksanakan, menunjukkan bahwa setelah hasil belajar siswa diuji dengan rumus t dependen, diperoleh thitung 80,10 dan ttabel 2,093, jadi thitung lebih besar dari ttabel, sehingga sesuai dengan hipotesis penelitian yang diajukan dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SDN No 84 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Kata kunci: Hasil Belajar, Bangun Ruang, Pendekatan Matematika Realistik
Download berkas