Penulis / NIM
RAHMELIA S. DIKO / 151412016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Rahmelia S. Diko. 2016. Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Melalui Metode Latihan di Kelas 4 SDN No.33 Kota Selatan Kota Gorontalo. Jurusan pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd. M.Pd dan Ibu Hj.Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing II.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah Melalui Metode Latihan dapat Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Paragraf di kelas 4 SDN No.33 Kota Selatan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan menulis paragaraf siswa kelas 4 SDN No.33 Kota Selatan Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dengan pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan observasi awal dari 30 siswa ada 13 atau 43% siswa yang terampil menulis paragraf. Setelah diadakan siklus I menjadi 16 atau 53% siswa, kemudian dilanjutkan dengan siklus II keterampilan menulis paragraf siswa menjadi 26 atau 87% siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode latihan keterampilan menulis paragraf siswa kelas 4 SDN No.33 Kota Selatan Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Menulis Paragraf, Metode Latihan
Download berkas