Penulis / NIM
USWATUN KHASANAH / 151412019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Uswatun Khasanah, 2016. Penerapan Modalitas Belajar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di SDN 2 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimanakah Penerapan Modalitas Belajar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di SDN 2 Kabila Kabupaten Bone Bolango?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa melalui modalitas belajar kelas I di SDN 2 Kabila. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan pada observasi awal diperoleh hasil kemampuan membaca dari 18 siswa hanya 4 orang siswa yang mampu (22%), kemudian pada siklus I kemampuan membaca menggunakan modalitas belajar meningkat menjadi 61% atau 11 orang siswa yang mampu. Selanjutnya pada siklus II memperoleh peningkatan kemampuan membaca siswa mencapai 16 orang siswa (89%) yang mampu. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan modalitas belajar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di SDN 2 Kabila Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Modalitas Belajar
Download berkas