Penulis / NIM
NOVITA HULALATA / 151412022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Novita Hulalata, 2016. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyimak cerita Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN 7 Gentuma Raya, Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II, Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui media audio visual kemampuan siswa kelas V SDN 7 Gentuma Raya Kabupaten Gorotalo Utara dalam menyimak cerita dapat meningkat? penelitian ini bertujuan untuk "Meningkatan kemampuan menyimak cerita melalui media audio visual pada siswa kelas V SDN 7 Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara". Penelitian ini menggunakan desain tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari observasi perencanaan, tindakan dan refleksi. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis. Tehnik pengumpulan data yakni observasi, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa menggunakan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN 7 Gentuma Raya dalam menyimak cerita, hal ini telihat pada siklus I dari 20 siswa ada 8 siswa yang mampu atau 40%, sedangkan yang kurang mampu sebanyak 10 siswa atau 50%, dan yang tidak mampu ada 2 siswa atau 10%, terhadap kemampuan menyimak cerita. Kemudian pada siklus II ada 15 orang atau 75% siswa yang mampu, sedangkan yang kurang mampu sejumlah 3 orang atau 15%, dan yang tidak mampu 2 atau 10% .
Jadi kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan siswa menyimak cerita melalui media audio visual pada siswa V SDN 7 Gentuma Raya, Kabupaten Gorontalo Utara meningkat.
Kata kunci : Menyimak Cerita, Media Audio Visual
Download berkas