Penulis / NIM
SRI ISMIATY YUSUF / 151412025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Sri Ismiaty Yusuf. 2016. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui
Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SDN 8
Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : I
Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa
kelas V SDN 8 Tapa Kabupaten Bone Bolango melalui pendekatan contextual
teaching learning (CTL). Metode yang digunakan adalah metode penelitian
tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus.
Hasil penelitian pada siklus I dari 13 siswa hanya 6 siswa atau 46.16 % yang
memperoleh nilai 75 ke atas sedangkan 7 siswa atau 53.84 % yang memperoleh
nilai 75 ke bawah. Pada siklus II sudah mencapai target karena dari 13 siswa, 12
orang atau 92.30 % memperoleh nilai 75 ke atas sedangkan 1 orang atau 7.70 %
memperoleh nilai 75 ke bawah.
Dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi melalui pendekatan
contextual teaching learning (CTL) pada siswa kelas V SDN 8 Tapa Kabupaten
Bone Bolango dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : Menulis Puisi, Pendekatan CTL.
ABSTRACT
' S"i Ismiaty Yusuf. 20l6.Increasing Students' Skill in Writing Poetry through
Contextual Teaching Learning (CTL) approach on students of grade V in SDN 8
Tapa, Bone Bolango District. Skripsi, Study Program of Elementary School
Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal
supervisor is Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd and Co-supervisor is Wiwy T.
Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
This research aims at investigating students' skill in writing poetry through
Contextual Teaching Learning (CTL) approach on students of grade V in SDN 8
Tapa,Bone Bolango District. The method of research is classroom action research
which consists of 2 cycles
o"Research
findings show that in cycle I, 6 out of 13 students or 46.16%o get the
score of 7 5 and above while 7 students or 53 .84o/o get the score of 7 5 and below.
In cycle Il,12 out of 13 students get the score of 75 and above while I student or
7.70%getthe score of 75 andbelow.
It can be concluded that studentso skill in
Teaching Leaming (CTL) at grade V of SDN
be increased.
Keywords: Writing Poetry, CTL Approach
writing poetry
8 Tapal Bone Bo
Download berkas