Penulis / NIM
ABDUL RASID TOLOLANG / 151412026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Abdul Rasid Tololang 2016. Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Menggunakan Metode Global Di Kelas I SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa membaca permulaan menggunakan metode global di kelas I SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan siswa membaca permulaan menggunakan metode global di kelas I SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini dikatakan berhasil karena hasil yang dicapai oleh siswa sesuai dengan yang diinginkan yaitu yang mampu membaca permulaan menggunakan metode global ada 16 siswa atau 88,89%, yang kurang mampu membaca permulaan menggunakan metode global ada 2 siswa atau 11,11% dan tidak ada siswa yang tidak mampu membaca permulaan menggunakan metode global.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa membaca permulaan menggunakan metode global dikelas I SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango telah mengalami kemajuan.
Kata Kunci : Membaca Permulaan, Metode Global
Download berkas