Penulis / NIM
NURDIYAH / 151412032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Nurdiyah, 2016. Meningkatakan kemampuan siswa membaca permulaan melalui game edukasi di kelas I SDN 7 Suwawa Kabupaten Bone bolango , skripsi, Program Studi SI PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Dajani suleman, M. Hum.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan Game Edukasi dapat meningkatkan kemampuan siswa di Kelas I SDN 7 Suwawa Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan menggunakan Game Edukasi di kelas I SDN 7 Suwawa Kabupaten Bone Bolango . Metode Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dan dokumentasi dan tes.
Berdasarkan pada observasi awal diperoleh hasil kemampuan membaca permulaan hanya 9 orang siswa yang mampu atau 43 % dari 21 jumlah siswa keseluruan, kemudian pada siklus I kemampuan membaca permulaan menggunakan Game Edukasi meningkat menjadi 62% atau 13 orang siswa yang mampu. Selanjutnya Pada siklus II memperoleh hasil peningkatan kemampuanmembaca permulaan siswa mencapai 86 % atau 18 orang siswa yang mampu.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa menggunakan Game Eduka pada siswa di kelas I SDN 7 Suwawa Kabupaten Bone Bolango hasil kemampuan membaca permulaan mereka meningkat.
Kata kunci : Membaca Permulaan, Game Edukasi.
Download berkas