SKRIPSI

Penulis / NIM
HILDA ANAFITRIANA / 151412034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK Anafitriana, Hilda. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Energi Alternatif Melalui Media Animasi Phisics Education Technology (PhET) di Kelas IV SDN No.99 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media animasi PhET hasil belajar siswa tentang energi alternatif pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN No.99 Sipatana Kota Gorontalo dapat meningkat?. Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi alternatif pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN No.99 Sipatana Kota Gorontalo dengan menggunakan media animasi PhET. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini dilaksanakan secara bersiklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan evaluasi, refleksi dan analisis. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 9 orang dengan presentase 45%. Hal tersebut belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan, sehingga dilakukan tindakan lanjutan ke siklus II. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 18 orang dengan presentase 85,71%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media animasi PhET dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang energi alternatif di kelas IV SDN No. 99 Sipatana Kota Gorontalo. Kata kunci: Hasil Belajar, Energi Alternatif, Animasi PhET
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011