SKRIPSI

Penulis / NIM
FEBRIATI SIMIN / 151412035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK Febriati Simin. Nim. 151 412 035. Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Isi Bacaan melalui Pendekatan Komunikatif pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan menceritakan isi bacaan pada siswa kelas IV di SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menceritakan isi bacaan melalui pendekatan komunikatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes perbuatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 14 siswa kelas IV SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo berdasarkan hasil observasi awal terdapat 5 orang siswa (36%) yang mampu menceritakan isi bacaan dengan baik, sedangkan siswa yang belum mampu berjumlah 9 orang (64%). Pada tindakan siklus I tahap I terdapat 6 orang siswa (43%) yang mampu dan yang belum mampu 8 orang siswa (57%). Siklus I tahap II terdapat 9 orang siswa (64%) yang mampu dan yang belum mampu 5 orang siswa (36%). Pada tindakan siklus II, siswa yang mampu berjumlah 12 orang (86%) sedangkan siswa yang belum mampu berjumlah 2 orang (14%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan komunikatif telah meningkatkan kemampuan siswa menceritakan isi bacaan di Kelas IV SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Menceritakan Isi Bacaan, Pendekatan Komunikatif ABSTRACT Simin, Febriati.Student ID. 151 412 035. Improving Students' Ability in Telling Reading Content through Communicative Approach at Grade IV, Elementary School SDN 1 Limboto Barat, Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal supervisor: Yusuf Jafar, M.Pd. Co-Supervisor: Dajani Suleman, M.Hum. The problem statement of this research is "is communicative approach able to improve students' ability in telling reading content at Grade IV, Elementary School SDN 1 Limboto Barat, Gorontalo Regency?" This also serves as the research objective. This classroom action research collected the data from observation, performance test, and documentation. The preliminary observation results reveal that five students out of 14 (36%) are able to tell the reading content, while the other nine students (64%) are unable to do the same. However, there is an increased number of six students (43%) who can tell the reading content, yet eight students are on the opposite (57%) in cycle I phase I. In cycle I phase II, there are nine students (64%) able to tell the reading content, and five (36%) students are on the contrary. on the other hand, 12 students (86%) have successfully tell the reading content, meanwhile the other 2 students (14%) are not able to perform it. All in all, Communicative approach has improved students' ability in telling the reading content in the site area. Keywords: Telling the Reading Content, Communicative Approach
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011