Penulis / NIM
ANDI MARIANTO / 151412036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
Andi Marianto, 2017. Pembelajaran PKn berbasis pendidikan karakter pada siswa kelas 3 SD Laboratorium UNG.
Skripsi, Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing:
(1) Dra.Elmia Umar, M.Pd, (2) Nurhayati Tine, S.PdI, M,HI
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan pembelajaran PKn berbasis pendidikan karakter serta mengetahui nilai-nilai karakter yang dikembangkan pada siswa kelas III di SD Lab UNG Kota Selatan Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifdenganpendekatankualitatif.Data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil observasi dan pengamatan yang didukung dengan hasil wawancara dari guru dan siswa yang kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi , penyajian dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa Nilai-nilai karakter yang sudah terintegrasi dalam pembelajaran PKn yaitu : Untuk kelas 3A :Religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Untuk kelas 3B : Religius, toleransi, disiplin, demokratis, rasa ingin tahu dan bersahabat/komunikatif dan tanggung jawab, dan nilai-nilai karakter yang belum terintegrasi dalam pembelajaran PKn yaitu : Untuk kelas 3A : Demokratis, cintai damai, jujur, mandiri, cinta tanah air, menghargai prestasi, gemar membaca, dan peduli social. Untuk kelas 3B : Kerja keras, mandiri, menghargai prestasi, dan peduli sosial , jujur, kreatif, semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan. Dan untuk nilai-nilai yang dikembangkan di SD Lab UNG yaitu gemar membaca, cinta damai dan religius.
Kata Kunci : Karakter , Pendidikan Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan
Download berkas