Penulis / NIM
MUSLIMAH LASIMPALA / 151412038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Muslimah, Lasimpala. 2016. Pengaruh Bahasa Ibu terhadap Kemampuan Siswa Menulis Karangan Deskripsi di Kelas III SDN No. 15 Kota Barat. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahasa ibu terhadap kemampuan siswa menulis karangan deskripsi di kelas III SDN No. 15 Kota Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data bahasa Ibu diperoleh dari angket dan nilai menulis karangan deskripsi diperoleh dari pemberian tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik statistik korelasi product moment serta uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa ibu siswa kelas III SDN No. 15 kota barat adalah bahasa Indonesia dialek Gorontalo dan bahasa daerah Gorontalo. Kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi rata-rata 61,72. Hasil analisis menununjukkan koefisien korelasi sebesar 0,51. Uji keberartian diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel (3,08 > 2,05). Pengaruh bahasa ibu terhadap kemampuan siswa menulis karangan deskripsi didapat koefisien determinasinya sebesar 26,01%. Dapat disimpulkan bahwa bahasa Ibu berpengaruh terhadap kemampuan siswa menulis karangan deskripsi sebesar 26,01% dan sisanya 73,99% dipengaruhi oleh faktor lain di luar bahasa ibu.
Kata kunci : Bahasa Ibu, Menulis Karangan Deskripsi
Download berkas