Penulis / NIM
FINKA S. DOYA / 151412040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Doya. Finka. 2016. Deskripsi Penerapan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III SDN 3 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris Panai S.Pd M.Pd dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta S.Pd M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN 3 Limboto Kabupaten Gorontalo ? Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan tehnik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA di kekas III SDN 3 Limboto dalam hal merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi guru telah melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen sudah sesuai dengan tujuan dari eksperimen dan sudah sesuai dengan langkah-langkah eksperimen dan guru dapat menguji keberhasilan dalam pelaksanaan eksperimen sehingga siswa tidak kesulitan dalam pelaksanaan dengan melakukan eksperimen. Dalam pembelajaran menggunakan metode eksperimen ini guru dengan mudah memberikan pembelajaran dan siswa dengan mudah menerima pembelajaran khususnya penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA.
Kata Kunci : Metode Eksperimen
Download berkas