Penulis / NIM
VIVI FEBRIYANI MANOPPO / 151412043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Vivi Febriyani Manoppo. 2016. Analisis Kesalahan dalam Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II SDN 66 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj Evi Hasim M.Pd dan Pembimbing II Dra Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah "bagaimana cara menganalisis kesalahan dalam menulis permulaan pada siswa kelas II SDN 66 Kota Gorontalo?". Tujuan penelitian adalah bertujuan untuk menganalisis kesalahan dalam menulis permulaan pada siswa kelas II SDN 66 Kota Gorontalo. Adapun jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deksriptif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, mengenai kesalahan dalam menulis permulaan pada siswa yaitu berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa dari 13 orang siswa bahwa terdapat banyaknya kesalahan dalam menulis permulaan pada aspek ketepatan huruf terdapat 170 jumlah kesalahan atau 40%, pada aspek ketepatan suku kata terdapat 93 jumlah kesalahan dalam menulis permulaan atau 21,9%, pada aspek ketepatan kata terdapat 62 jumlah kesalahan dalam menulis permulaan atau 14%. Disimpulkan bahwa dalam menulis permulaan masih kurang karena masih banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam menulis ketepatan huruf, kesalahan dalam menulis ketepatan suku kata dan kesalahan dalam menulis ketepatan kata.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Menulis Permulaan
Download berkas