Penulis / NIM
MASRIN POLIMENGO / 151412044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Polimengo Masrin. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Penemuan Terbimbing Pada Mata Pelajaran IPA Materi Peristiwa Alam di Kelas V SDN 56 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si., Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa meningkat melalui metode penemuan terbimbing pada mata pelajaran IPA Materi Peristiwa di kelas V SDN 56 Dumbo Raya. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode penemuan terbimbing pada mata pelajaran IPA Materi Peristiwa Alam di kelas V SDN 56 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Hasil belajar diperoleh dari siswa yang dikenai tindakan pada siklus I dan siklus II berjumlah 28 orang siswa yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Pada siklus I terdapat 17 orang yang tuntas (60.71%) dan tidak tuntas 11 orang (39.29%). Pada siklus II, 27 orang siswa yang tuntas (96%) dan tidak tuntas 1 orang siswa (4%). Berdasarkan kajian data dari siklus I ke siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Peristiwa Alam di kelas V SDN 56 Dumbo Raya Kota Gorontalo.
Kata Kunci. Hasil Belajar, Metode Penemuan Terbimbing.
Download berkas