Penulis / NIM
IRAMAYA ARIPIN / 151412045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK
Iramaya Arifin. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN No.66 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dra. Hakop Walangadi, M.Si sebagai dosen pembimbing I dan Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si sebagai dosen pembimbing II.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN No. 66 Kota Timur Kota Gorontalo.
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN No. 66 Kota Timur Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan keadaan proses pembelajaran saat diterapkannya model Kooperatif Tipe Make A Match dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN NO. 66 Kota Timur Kota Gorontalo sudah baik, guru sudah menerapkan model pembelajaran make a match sesuai dengan langkah-langkah sehingga berdampak pada siswa menjadi aktif dalam pembelajaran, siswa termotivasi untuk lebih giat belajar, saling membantu teman dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Dengan demikian model pembelajaran make a match menjadi menyenangkan dan lebih bermakna.
Kata Kunci: Penerapan, Model, Koopertif, Make A Match.
Download berkas