Penulis / NIM
KARTIKA HINUR / 151412053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Kartika Hinur. 2016. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Karya Wisata di kelas V SDN 1 Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan pembimbing II Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini "apakah dengan metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan deskripsi di kelas V SDN 1 Bintauna ?" Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan deskripsi melalui metode karyawisata di kelas V SDN 1 Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang berjumlah 24 orang. Desain penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan tes kemampuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi awal siswa yang mampu menulis karangan berjumlah 9 orang atau 37.5% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 13 orang atau 54.16%, namun hasil tersebut belum sesuai dengan indikator kinerja yaitu 80%, maka pelaksanaan tindakan dilanjutkan pada siklus II. Siklus ke II kemampuan siswa menulis karangan deskripsi melalui metode karya wisata mengalami peningkatan menjadi 20 orang atau 83.33% yang artinya mencapai indikator kinerja. Disimpulkan bahwa melalui metode karyawisata kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi di kelas V SDN 1 Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara meningkat.
Kata Kunci : Menulis Karangan Deskripsi, Metode Karya Wisata
Download berkas