Penulis / NIM
TARMIZI MAMONTO / 151412058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Tarmizi Mamonto. 2017. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Deskriptif Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas V SDN 81 Kota Tengah Kota Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2017. Pembimbing 1 : Dr. Yusuf Jafar M.Pd, Pembimbing II : Dra. Dajani Suleman M.Hum.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah kemampuan siswa menulis puisi deskriptif dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual di kelas V SDN 81 Kota Tengah Kota Gorontalo?". Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi deskriptif melalui pendekatan kontekstual di kelas V SDN 81 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi, dan teknik analisis data.
Pada tahap observasi awal dari 23 siswa ada 6 orang siswa yang mampu menulis puisi atau (26,0%). Hasil penelitian pada siklus I mengalami peningkatan 9 orang siswa atau (39,1%) mampu menulis puisi, siklus II menjadi 19 orang siswa atau (82,6%) yang mampu menulis puisi. Maka dapat disimpulkan kemampuan siswa menulis puisi deskriptif melalui pendekatan kontekstual di kelas V SDN 81 Kota Tengah Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Menulis Puisi Deskriptif, Pendekatan Kontekstual.
ABSTRACT
Tarmizi Mamonto. 2017. Improving Students' Ability in Writing Descriptive Poetry through Contextual Approach at grade V in SDN 81 Kota Tengah, Gorontalo City. Bachelor Study Program of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo, 2017. Principal supervisor is Dr. Yusuf Jafar, M.Pd and Co-supervisor is Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Problem statement of this research is whether or student' ability in writing descriptive poetry can be improved by applying contextual approach at grade V in SDN 81 Kota Tengah, Gorontalo City. It aims at improving students' ability in writing descriptrive poetry through Contextual Approach at grade V in SDN 81 Kota Tengah, Gorontalo City. This is a classroom action research. Techniques of data collection are observation, test, docementation, and technique of data analysis.
Initial observation, only 6 students out of 23 students (26,0%) who are able to write. Then, it increases to be 9 students (39,1%) in cycle 1 and 19 students (82,6%) in cycle II. Thus, it can be concluded that students' ability in writing descriptive poetry can be improved by applying contextual approach at grade V in SDN 81 Kota Tengah, Gorontalo City.
Keywoards: Descriptive Poetry Writing, Contextual Approach
Download berkas