Penulis / NIM
YUSRI DJAFAR / 151412059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Yusri Djafar.2016. Penerapan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Pantun Berbalasan di Kelas IV SDN 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Program Studi S1-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Yusuf Jafar M.Pd, Pembimbing II: Dra. Ratnarti Pahrun M.Pd.
Rumusan masalah Apakah metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan membaca pantun berbalasan siswa kelas IV SDN No 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca pantun berbalasan di kelas IV SDN No. 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan observasi awal diperoleh hasil kemampuan siswa membaca pantun berbalasan hanya 39.2 % atau 11 orang dari jumlah 28 siswa, kemudian pada siklus I kemampuan membaca pantun berbalasan dengan metode inkuiri menjadi 57 % atau 16 orang siswa yang mampu. Selanjutnya pada silkus II meningkat menjadi 93 % atau 26 orang siswa yang mampu. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa membaca pantun berbalasan di kelas IV SDN No. 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo telah meningkat melalui metode inkuiri.
Kata Kunci : Metode Inkuiri, Membaca Pantun, Penelitian Tindakan Kelas
Download berkas