Penulis / NIM
SUTRISNA BADJA / 151412066
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Sutrisna, Badja. 2016 Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn (Studi Kasus SD Negeri 84 Kota Tengah Kota Gorontalo). Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Nurhayati Tine S.PdI., M.HI.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaiman aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PKn di SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PKn di SDN 84 Kota Tengah Kota gorontalo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan studi kasus dengan Jenis Penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dari proses pengambilan data dengan menggunakan observasi serta dokumentasi maka dapat diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PKn tidak hanya dilakukan dalam kelas, siswa sering melakukan aktivitas belajar diluar kelas seperti membaca diperpustakaan sekolah. Selain membaca diperpustakaan, dalam pembelajaran PKn dikelas sebagian siswa lebih aktif dalam pembelajaran seperti mereka bertanya saat ada materi yang tidak dimengerti, melakukan diskusi, ataupun membuat catatan-catatan kecil dari materi yang dijelaskan guru dan sebagian siswa lainnya melakukan aktivitas yang tidak sesuai dengan pembelajaran seperti mereka hanya bercerita, mengganggu teman yang lain dan keluar masuk dalam kelas sehingga pada saat proses belajar mengajar pembelajaran tidak akan berjalan secara kondusif.
Kata Kunci : Aktivitas, Belajar, PKn
Download berkas