Penulis / NIM
SALHA ADABAE / 151412069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Adabae, Salha 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran IPA di Kelas V SDN 06 Randangan Kabupaten Pohuwato, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si. Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 06 Randangan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 06 Randangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan rancangan one group prettest-posttest desingn. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 22 orang. Hasil perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 61,95 dan nilai rata-rata posttest sebesar 78,32. Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan hasil uji t yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,715 > 1,682 pada taraf 0,05. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA.
Kata kunci: Pembelajaran IPA, Model Learning Cycle, Hasil Belajar
Download berkas