Penulis / NIM
NURAIDA J. SAUD / 151412070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Nur Aida J. Saud, 2016. Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Anak Melalui Metode Tanya Jawab Di kelas IV SDN 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Metode Tanya Jawab dapat Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Anak di kelas IV SDN 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo?". Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Anak Melalui Metode Tanya Jawab di kelas IV SDN 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Metode Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan observasi awal diperoleh hasil kemampuan menyimak cerita anak hanya 12 orang siswa atau 43 % dari 28 jumlah siswa keseluruhan, kemudian pada siklus I kemampuan menyimak cerita anak menggunakan metode Tanya jawab meningkat menjadi 57 % atau 16 orang siswa. Selanjutnya Pada siklus II meningkat mencapai 93 % atau 26 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode Tanya jawab, dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita anak di kelas IV SDN 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo.
Kata kunci: Kemampuan Menyimak Cerita Anak, Metode Tanya Jawab
Download berkas