Penulis / NIM
ASTRI WULANDARI TOBUHU / 151412071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Astri Wulandari Tobuhu. 2016. Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Kalimat Melalui Metode SAS Di Kelas I SDN 1 Nunuka Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanti Pulukadang, S.Pd M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini "Apakah melalui metode SAS kemampuan siswa menulis kalimat di kelas I SDN 1 Nunuka Kabupaten Bolaang Mongondow Utara meningkat?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis kalimat melalui metode SAS di kelas I SDN 1 Nunuka Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, yang berjumlah 10 orang siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri atas perencanaan, tindakan, evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes kemampuan menulis.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari jumlah siswa 10 orang, yang memperoleh nilai mencapai kemampuan dengan indikator kinerja 75% hasil yang dicapai pada siklus I hanya 20% atau 2 siswa yang mampu, sehingga dilaksanakan tindakan siklus II, dengan hasil yang mencapai 80% atau 8 siswa, hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis kalimat pada siswa kelas I SDN 1 Nunuka Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dapat ditingkatkan melalui metode SAS. Dengan demikian hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.
Kata kunci: Kalimat, Metode SAS
Download berkas