Penulis / NIM
MOHAMAD ISRA BAHSOAN / 151412073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Isra Bahsoan. Nim 151412073.2016 Meningkatkan hasil belajar siswa melalui media audiovisual pada pembelajaran IPS Di Kelas V Sdn No 50 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo Pembimbing I, Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si, Pembimbing II Dra.Elmia Umar, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan media Audio Visual, hasil Belajar Siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 50 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo dapat ditingkatkan ?". Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui media audio visual pada pembelajaran IPS kelas V SDN 50 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. Pada penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 50 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa kelas V SDN 50 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 13 orang siswa (65%) yang memperoleh nilai 75 ke - atas. Hasil ini belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yakni minimal 75% siswa memperoleh nilai 75 ke - atas. Dengan demikian pemberian tindakan dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II sebanyak 17 orang siswa (85%) memperoleh nilai 75 ke - atas . Ini berarti bahwa indikator penelitian telah tercapai dan penelitian dianggap berhasil. Dengan hasil penelitian yang telah dicapai, maka disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 50 Kota Gorontalo Kecamatan Dumbo Raya dapat ditingkatkan melalui media audio visual.
Kata Kunci: Hasil belajar Siswa menggunakan media Audio Visual di SD No 50 Dumbo Raya
ABSTRACT
Mohamad Isra Bahsoan. Student ID 151412073. 2016. Improving Student' Learning Achievmen through audiovisual media in social Science Learning at Grade V of SDN Number 50 Sub-district of Dumbo Raya City of Gorontalo principal supervisor is Dra. Hj Hakop Walangadi, M.Si and Co-Supervisor is Dra. Elmia Umar, M.Pd.
Problem statement of this research is "Can students' learning achievement in Social science learning at grade V of SDN Number 50 Sub-district of Dumbo Raya City of Gorontalo be improved by using audiovisual media?" this research aims to improve students' learning achievement through audiovisual media in social science learning at grade V of SDN Number 50 Sub-district of Dumbo Raya City of Gorontalo.This is a class room action research by having 20 students consisting of 12 males and 8 females at grade V of SDN 50 Sub-district of Dumbo Raya City of Gorontalo as research subject. Mean while, research object is students' learning achievement at grade V of SDN 50 Sub-district of Dumbo Raya City of Gorontalo.
Research finding reveals that in cycle I, 13 students (65%) achieve score 75 above. This result does not meet the determined indicator of success namely minimum of 75% of students achieve score 75 above. Thus, the treatment is continued to cycle II. In this cycle, 17 students (85%) achieve score 75 above which means the indicator has been achieved and the research is considered successful. Therefore, it can be concluded that students' learning achievement in social science learning at Grade V of SDN Number 50 Sub-district of Dumbo Raya City of Gorontalo can be improved through audiovisual media.
Keywords : Students' learning achievement uses audiovisual media in SDn Number 50 Sub-district of Dumbo Raya
Download berkas