Penulis / NIM
AIDIN AMUNTU / 151412074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK : Aidin Amuntu. 2017. Meningkatkan Kemampuan siswa dalam berbicara melalui model Time Token di kelas V SDN 07 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd M.Si.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "apakah dengan model Time Token kemampuan berbicara siswa meningkat di kelas V SDN 07 Suwawa Kabupaten Bone Bolango? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkat kemampuan siswa dalam berbicara melalui model Time Token di kelas V SDN 07 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam penelitian ini digunakan dua siklus dengan tehnik untuk mengumpulkan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi.
Dari hasil observasi awal menunjukkan bahwa dari 23 orang siswa hanya 8 orang (34.7%) yang mampu berbicara. Pada siklus I hal tersebut mengalami peningkatan menjadi 14 orang (60.8%) yang mampu berbicara. Pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu menjadi 21 orang (91.4%). Terkait hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Time Token di kelas V SDN 07 Suwawa Kabupaten Bone Bolango hasil kemampuan siswa dalam berbicara meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Model Time Token
ABSTRACT : Aidin Amuntu. 2017. Improving Students Speaking Skill through Time Token at Grade V In SDN 07 Suwawa, District of Bone Bolango. Skripsi. Department of Elementary School teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd and Co-supervisor is Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si.
Problem statement of this research is whether or not by Applying time token model, student's speaking skill at grade V in SDN 07 Suwawa, District of Bone Bolango can be improved. It aims at improving student's speaking skill through Time Token at grade V in SDN 07 Suwawa, District of Bone Bolango. It applies classroom action research which is conducted in two cycles. Techniques of Data collection are observation, test, and documentation.
Finding reveals that in the initial observation, there are only 8 student (34.7%) out of 23 students who are able to speak. In cycle I, it improves to 14 students (60.8%). Then, in cycle II, it significantly improved to 21 students (91.4%). Related to the findings, it can be concluded that by applying time token model, student's speaking skill at grade V in SDN 07 Suwawa, District of Bone Bolango can be improved.
Keywords : Speaking Skill, Time Token Model
Download berkas