Penulis / NIM
RACHMI ARUM ABUBAKAR KASIM / 151412077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
Rachmi A. A. Kasim, 2016. Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Di Kelas V SDN 7 Gentuma Raya Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kemampuan siswa berbicara melalui metode bermain peran di kelas V SDN 7 Gentuma Raya Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara ? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa berbicara dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas V SDN 7 Gentuma Raya Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk kemampuan siswa berbicara melalui metode bermain peran di kelas V SDN 7 Gentuma Raya Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara. Tehnik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa berbicara melalui metode bermain peran di kelas V SDN 7 Gentuma Raya Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara, dari 20 orang siswa, yang mampu 16 orang atau 80%, sedangkan yang kurang mampu 4 orang atau 20%. Sebagian besar siswa yang berada disekolah tersebut sudah mampu berbicara melalui metode bermain peran.
Kata kunci : Berbicara, Metode Bermain Peran
Download berkas