Penulis / NIM
FITRA PANANBUNAN / 151412088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Fitra Pananbunan. 2016 " Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Quantum Reading Di Kelas V SDN 7 Suwawa Kabupaten Bone Bolango" Skripsi, Program Studi SI-PGSD, jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Dajani Suleman M.Hum Pembimbing II Dr.Hj Rusmin Husain S.Pd M.Pd.
Permasalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode Quantum Reading dapat meningkatkan kemampuan membaca di kelas V SDN 7 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas V SDN 7 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa yang berjumlah 27 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas guru, lembar observasi aktifitas siswa, dan tes. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V SDN 7 Suwawa menggunakan metode Quantum Reading dapat meningkat .
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari 27 siswa pada observasi awal terdapat 15 orang yang atau 55,5%. yang mampu membaca. Sementara siswa yang kurang mampu membaca berjumlah 12 orang atau 44,4% Kemudian pada pelaksanaan siklus I bahwa kemampuan membaca siswa yang tuntas 10 orang atau 37% setelah diadakan refleksi perbaikan pembelajaran pada siklus II, Kemampuan membaca siswa meningkat sebesar 81,4% atau 22 orang siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca melalui metode Quantum Reading di Kelas V SDN 7 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Meningkat.
Kata Kunci : Membaca, Quatum Reading
Download berkas