Penulis / NIM
DIAN KURNIATY AKIB / 151412089
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Dian Kurniaty Akib 2016. Penerapan Metode Pemberian Tugas Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Siswa Di Kelas III SDN 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini Apakah metode Pemberian Tugas Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas III SDN No. 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas III SDN No. 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Metode Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan observasi awal diperoleh hasil kemampuan membaca intensif hanya 11 orang siswa atau 37 % dari 30 jumlah siswa keseluruhan, kemudian pada siklus I kemampuan membaca intensif dengan metode pemberian tugas meningkat menjadi 53 % atau 16 orang siswa. Selanjutnya Pada siklus II meningkat mencapai 93 % atau 28 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode pemberian tugas, dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca intensif di kelas III SDN 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo.
Kata kunci: Membaca Intensif, Metode Pemberian Tugas
Download berkas