Penulis / NIM
SUHARTIN MOHI / 151412092
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Mohi, Suhartin 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 04 Marisa Kabupaten Pohuwato, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si. Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA?, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model GI terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN 04 Marisa Kabupaten Pohuwato yang terdiri dari 32 orang siswa. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan menggunkan tes dan dokumentasi. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan rancangan one group prettest-posttest desingn. Hasil perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 38,41 dan nilai rata-rata posttest sebesar 76. Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan hasil uji t yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 52 > 1,670 pada taraf 0,05. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model GI terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA.
Kata kunci : Model Group Investigation, Pembelajaarn IPA, Hasil Belajar
Download berkas