Penulis / NIM
NUNING DJUNUBI / 151412095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Nuning Djunubi. 2016. Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Berbicara di Kelas IV SDN 10 Batudaa. Skripsi, Program Studi SI-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj.Salma Halidu S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran berbicara di kelas IV SDN 10 Batudaa. Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran berbicara di kelas IV SDN 10 Batudaa. Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, wawancara,dan observasi.
Melalui angket diperoleh data nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran berbicara yaitu berdasarkan hasil yang diperoleh melalui pengolahan data nilai karakter santun persentasenya 63,28% termasuk kategori cukup, dan nilai karakter percaya diri persentasenya 58,21% termasuk kategori cukup, nilai karakter komunikatif persentasenya 67,38% termasuk kategori cukup serta nilai karakter tanggung jawab 62,97% termasuk kategori cukup. Dengan demikian dari rekapitulasi keseluruhan indikator dapat disimpulkan nilai karakter dalam pembelajaran berbicara di kelas IV SDN 10 Batudaa yaitu dalam kategori cukup.
Kata kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Pembelajaran Berbicara
Download berkas