Penulis / NIM
MUH. ABDUL SALAM / 151412096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Muh. Abdul Salam. 2017. Pola Interaksi Sosial Siswa: Studi Kasus di SDN 4 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dengan pembimbing I Basri Amin, S.Sos, M.A, Ph.D(ABD) dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pola interaksi sosial siswa di di SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas tinggi (kelas IV,V,VI) dengan jumlah 4 orang. Penentuan subjek berdasarkan kategori interaksi sosialnya. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi sosial siswa di SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo berupa perilaku meniru dengan melihat seseorang di lingkunganya dan melalui media televisi, juga dipengaruhi oleh sugesti eksternal dan internal. Identifikasi diri siswa berupa ketertarikan dan keinginan menjadi seperti orang tertentu, simpati intelektual, ekspresi perasaan sedih atau senang dalam menanggapi sebuah peristiwa, serta respon yang bersifat spontan berupa perasaan trauma terhadap suatu kejadian yang pernah dialami.
Kata kunci : Interaksi Sosial, Sekolah Dasar
Download berkas