Penulis / NIM
YULIANA / 151412097
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Yuliana. 2016. Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Media Audio Visual Siswa Kelas V di SDN 56 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas V di SDN 56 Dumbo Raya Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca puisi melalui media audio visual siswa kelas V di SDN 56 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Metode Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi dengan jumlah 26 orang siswa.
Berdasarkan hasil observasi awal terdapat 9 orang siswa yang mampu membaca puisi atau 35% dari 26 orang jumlah keseluruhan. Setelah dilakukan siklus I kemampuan siswa dalam membaca puisi dengan memperhatikan unsur-unsur pembentuk puisi melalui media audio visual meningkat menjadi 58% atau 15 orang yang mampu. Pada siklus II memperoleh hasil peningkatan kemampuan membaca puisi mencapai 92 % atau 24 orang siswa yang mampu membaca puisi. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa media audio visual dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas V di SDN 56 Dumbo Raya Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Membaca Puisi, Media Audio Visual
Download berkas