Penulis / NIM
GITA VEBRIYANITA KATILI / 151412098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Gita Vebriyanita Katili, 2016 "Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN 12 Kota Barat Kota Gorontalo". Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo (Pembimbing : Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Nurhayati Tine, S.Pd.I, M.HI).
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 12 Kota Barat Kota Gorontalo, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui penerapan model Contextual Teaching Learning (CTL) pada mata pelajaran IPS Kelas IV di SDN 12 Kota Barat Kota Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal jumlah siswa yang paham sebanyak 5 orang (33%), selanjutnya pada siklus I mencapai 8 orang (53%) dan siklus II meningkat menjadi 14 orang (93%) dari 15 siswa.
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV di SDN 12 Kota Barat Kota Gorontalo.
Kata kunci : Pemahaman siswa, Contextual Teaching Learning (CTL)
Download berkas