Penulis / NIM
SUSANTI SULEMAN / 151412099
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
Susanti Suleman. Meningkatkan Kemampuan Sisw Menulis Kalimat dengan Menggunakan Metode Drill Pada Kelas II SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Gorontalo, Program Studi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode drill kemampuan siswa menulis kalimat dapat meningkat ?. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis kalimat dengan menggunakan metode drill di kelas II SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini mengikuti desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif, penelitian ini dilakukan dalam dua kali siklus mengikuti langkah-langkah perencanaan, tindakan observasi dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa, pada observasi awal dengan jumlah 16 orang di peroleh 4 atau 25% orang siswa yang sudah mampu menulis kalimat dengan baik. Pada siklus pertama kemampuan menulis kalimat dengan menggunakan metode drill dari jumlah siswa sebanyak 16 orang siswa yang mampu berjumlah 11 orang siswa atau 68,75%. Pada siklus kedua siswa yang mampu sebanyak 15 orang siswa atau 93,75%. Dengan demikian hipotesis tindakan terbukti kemampuan siswa dalam menulis kalimat dapat ditingkatkan melalui metode drill. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kemampuan menulis kalimat dapat dilakukan dengan menggunakan metode drill.
Kata kunci : Menulis kalimat, metode drill.
Download berkas