Penulis / NIM
SERLA R. SAHABUDIN / 151412103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Serla R. Sahabudin. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Koperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V 18 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi. SI-PGSD FIP UNG. Pembimbing I : Drs. H. Haris Mahmud S.Pd, M.Si Pembimbing II : Muhammad Sarlin M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 18 Dungingi Kota Gorontalo ? Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui model Think Pair Share di kelas V SDN 18 Dungingi Kota Gorontalo.
Penelitian tindakan dilaksanakan di kelas V SDN 18 Dungingi Kota Gorontalo dengan subjek siswa 30 orang dengan tahapan penelitian yakni perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Tingkatan hasil belajar siswa pada tahap observasi awal hanya mencapai 50% dari 30 orang siswa yang memiliki ketuntasan pada mata pelajaran. Siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 69,67% yaitu 21 siswa yang memiliki ketuntasan dan 9 orang belum mencapai ketuntasan. Siklus II sebanyak 89,78% yaitu 27 orang siswa yang telah mencapi ketuntasan dan 12,50% atau 3 orang siswa belum mencapai ketuntasan terhadap pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas V SDN 18 Dungingi Kota Gorontalo..
Kata Kunci : Hasil belajar siswa, Model Think Pair Share
Download berkas