Penulis / NIM
MIFTA HULDIN TADANG / 151412105
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
Mifta H Tadang. 2016: "Penggunaan Media Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SD di SDN 2 Telaga" . Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dra. Hakop Walangadi,M.Si sebagai dosen pembimbing I dan Dra. Elmia Umar,M.Pd sebagai dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media peta pada pembelajaraan IPS kelas V di SDN 2 Telaga. Peneliti berperan sebagai istrumen utama sebagai pengamat penuh sekaligus pengumpul data.
Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yaitu untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya dengan harapan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang penggunaan media peta pada pembelajaran IPS di SD N 2 Telaga. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat pengumpul data menggunakan lembar Pengamatan dan Lembar Wawancara.
Masalah yang ditemukan pada penelitian ini yaitu siswa yang kesulitan dalam membedakan beberapa simbol yang hampir sama, berkurang perhatian siswa pada pertengahan pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang perhatian pada pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi yaitu dengan menampilkan simbol satu persatu disamping peta agar siswa dapat mengingat simbol tersebut.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media peta pada pembelajaran IPS sudah baik. Dengan memanfaatkan media peta sebaik mungkin membuat siswa bisa lebih fokus dalam pembelajaran IPS.
Dari penelitian yang telah dilakukan di SDN 2 telaga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media peta pada pembelajaran IPS sudah baik, membuat siswa lebih fokus dalam proses pembelajaran membuat kondisi kelas lebih efektif belajar.
Download berkas