Penulis / NIM
NUR AIN KALAKA / 151412107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Nur Ain Kalaka, 2016 "Penerapan Media Puzzle untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Sederhana di Kelas III SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan media puzzle dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan sederhana di kelas III SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo melalui penerapan media puzzle. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini digunakan dua siklus dengan tehnik untuk mengumpulkan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil yang di dapatkan pada penelitian ini adalah. Pada siklus I siswa yang paham dengan konsep pecahan sederhana yaitu 17 orang atau 70.83% dan yang belum paham yaitu 7 orang atau 29%. Hal ini belum memenuhi indikator kinerja yang telah ditentukan yaitu minimal 75% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai minimal 75 ke atas, untuk itu dilanjutkan ke siklus II yang hasilnya pemahaman siswa meningkat menjadi 23 orang atau 95.83% dan yang belum paham 1 orang atau 4%. Hal ini menujukan bahwa indikator kinerja yang telah ditentukan sudah tercapai yaitu 75% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai minimal 75 ke atas untuk itu tidak perlu lagi ke siklus berikutya. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bawha dengan penerapan media puzzle maka pemahaman konsep pecahan sederhana di kelas III SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo meningkat
Download berkas